April 12, 2016

Ini dia 4 Jenis Asupan Makanan Mengenyangkan yang Baik untuk Menunjang Diet Anda!

Ini dia 4 Jenis Asupan Makanan Mengenyangkan yang Baik untuk Menunjang Diet Anda!

loading...

loading...
Salah satu hal yang mungkin harus dihadapi dan dipikirkan oleh semua orang saat diet adalah bagaimana mengendalikan dorongan untuk makan. Rasa lapar adalah sesuatu yang alami, namun harus diketahui tak semua makanan bisa 'memuaskan' secara seimbang.

Peneliti mengatakan jenis makanan apa yang dimakan oleh seseorang dapat berdampak pada berapa lama ia merasa kenyang sehabis makan.


Bila Anda ingin merasa kenyang lebih lama demi kesehatan, berikut adalah lima jenis makanan yang baik seperti dikutip dari berbagai sumber, Senin (4/4/2016).

1. Makanan Rendah Kalori 

Makanan rendah kalori baik untuk dikonsumsi karena dengan mengisi luas ruang yang sama di perut, kalori yang dihasilkan lebih sedikit daripada makanan biasa.

Kepala Departemen Ilmu Nutrisi dari Pennsylvania State University, Barbara Rolls, mengatakan pada intinya makanan rendah kalori membuat orang kenyang tetapi menghasilkan sedikit kalori. Tubuh ditipu untuk merasa sudah 'makan banyak'.

Contoh dari jenis makanan rendah kalori adalah yang mengandung banyak air seperti misalnya buah-buahan dan sayur.

Kebalikannya, makanan tinggi lemak tidak disarankan karena alasan dengan porsi yang sama ia menghasilkan kalori lebih banyak.

2. Serat

Makanan tinggi serat juga bisa mengenyangkan namun dengan cara yang berbeda dari makanan rendah kalori. Menurut Rolls makanan tinggi serat punya tekstur dan bentuk yang ketika dikunyah di mulut dapat mencegah lapar muncul lebih cepat.

Lebih jauh serat di sistem pencernaan juga butuh waktu lebih lama untuk diproses sehingga tubuh akan kenyang lebih lama. Rolls mengatakan dengan kata lain serat kemungkinan punya efek yang ampuh untuk hormon pembuat rasa kenyang.

"Serat dianggap punya efek yang bisa menjauhkan rasa lapar," kata Rolls.

3. Protein

Studi di jurnal Cell mengungkap protein bisa membuat seserorang merasa kenyang lebih cepat karena memiliki kemampuan efektif menghalangi saraf mu-opioid receptor (MOR) di perut. Saraf ini adalah saraf yang bertanggung jawab mengirim sinyal lapar dan kenyang ke otak.

Lewat saraf MOR tubuh berkomunikasi dengan otak memberitahu kapan saatnya makan dan kapan harus berhenti. Ketika saraf MOR di perut terstimulasi maka ia akan mengirim sinyal yang mendorong seseorang untuk terus makan sampai saraf tertutup atau terhalangi, dan saat itulah seseorang akan merasa kenyang.

Direktur Kesehatan Masyarakat Purdue University Richard D. Mattes mengatakan protein dari telur, daging, kacang-kacangan, dan produk susu dalam tiap porsi makan yang seimbang bagus untuk diet.

4. Air

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi air putih sesaat sebelum makan dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang. Alasannya sederhana yaitu karena perut sudah terisi oleh air.

Ahli nutrisi Profesor Melinda Manore dari Oregon State University mengatakan sayangnya tubuh tak mengidentifikasi air dengan cara yang sama seperti saat makanan padat masuk tubuh. Oleh karena itu efek kenyang ini mungkin hanya berpengaruh sedikit saja.

Related Posts

loading...
Ini dia 4 Jenis Asupan Makanan Mengenyangkan yang Baik untuk Menunjang Diet Anda!
4/ 5
Oleh