April 11, 2016

 Dietmu Gagal Lagi? Coba deh Lakukan Diet Paleo Yang Terinspirasi Gaya Hidup Manusia Purba

Dietmu Gagal Lagi? Coba deh Lakukan Diet Paleo Yang Terinspirasi Gaya Hidup Manusia Purba

loading...

loading...
Bicara soal diet untuk mendapatkan berat badan ideal (memang) bisa Anda tempuh dengan metode yang berbeda-beda. Hanya saja fokus manusia yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini lebih kepada bagimana bisa mendapatkan tubuh ideal, namun tetap bisa bertahan hidup lebih panjang.

Belakangan ini, metode diet Paleo sedang marak dibicarakan—padahal diet ini sebenarnya sudah lama diperdengarkan. Diet Paleo sendiri tak bisa dilepaskan dari nama Dr. Loren Cordain, Ph. D. Beliau adalah Profesor Emeritus dari Department of Health & Exercise Science Universitas Colorado.


Dr. Loren telah melakukan penelitian selama 20 tahun terakhir yang memfokuskan keahliannya pada teori dasar evolusi dan antropologi untuk diet, kesehatan, dan kesejahteraan pada manusia modern. Ia pun telah meneliti karakteristik gizi hampir di seluruh kelompok masyarakat dunia ini. Salah satunya mencari tahu metode gaya hidup dan pola makan manusia di zaman Paleolitikum.

Sukses melakukan penelitian diet Paleo, Dr. Lorden pun menyebarkan ilmunya hingga membawa dirinya dikenal sebagai ahli diet Paleo terkemuka. Dr. Loren sendiri telah menerbitkan 6 buku, The Paleo Diet, The Paleo Diet for Athletes, The Dietary Cure for Acne, The Paleo Diet Cookbook, The Paleo Answer, dan The Revised Paleo Diet yang merangkum hasil penelitiannya.

Lalu, Apa Itu Diet Paleo?

Menurut Dr. Loren Cordain, Ph. D, dalam bukunya The Paleo Diet, sebenarnya Paleo bukanlah sebuah cara untuk menurunkan berat badan, melainkan sebuah pola (cara) hidup sehat agar kesehatan tubuh terjaga dan terhindar dari beragam penyakit kronis.

Pola dan gaya hidup manusia saat ini dibilang sangat buruk, karena asupan makan yang diterima oleh tubuh umumnya mengandung lemak jenuh—seperti yang ada dalam makanan siap saji. Padahal manusia itu sendiri harusnya membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, protein, dan kaya serat. Karena itulah Dr. Loren mengajurkan semua makanan yang dikonsumsi hendaknya murni dari alam.

Kenapa Harus Diet Paleo?

Pada dasarnya diet Paleo sudah diterapkan oleh manusia di zaman Paleolitikum dulu dan terbukti efeknya pada manusia. Secara logika pun, metode diet Paleo masuk akal dan bisa direalisasikan.

Memang tantangan diet Paleo begitu berat. Mengingat kita hidup di zaman berteknologi canggih—di mana cara dan gaya manusia modern sangat jauh berbeda dengan manusia purba dulu. Apalagi, nih, menu diet Paleo mengutamakan makanan yang utuh dan belum diproses. Secara rasa mungkin Anda tak menemukan kenikmatan sama sekali, tetapi efek dan manfaat positif yang Anda dapatkan begitu besar untuk kesehatan tubuh.

Jadi keputusan untuk melakukan diet ini kembali kepada pribadi masing-masing. Satu hal penting yang dibutuhkan saat melakukan diet Paleo adalah disiplin tinggi, sehingga Anda pun tak sia-sia telah melakukannya.

Bagaimana Cara Melakukan Diet Paleo?

Diet Paleo sebenarnya cukup mudah dijalankan, lantaran yang dianjurkan hanya mengurangi proses pemasakan, seperti pengurangan minyak saat menggoreng—lebih baik menggunakan minyak zaitun atau minyak kenari.

Perbanyak pula mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan, mengurangi daging—memilih makanan yang tidak mengandung lemak tinggi—hingga menghindari makanan yang mengandung gula tinggi.

Selain di atas, makanan lain yang boleh Anda konsumsi adalah makanan laut, telur, kacang-kacangan (biji-bijian), dan minyak kelapa. Sementara yang harus Anda hindari adalah susu lemak tinggi (full cream), gula, garam, minyak nabati, dan makanan olahan.

Sebagai langkah awal mungkin Anda bisa mencoba membatasi makanan perlahan-lahan—tidak drastis langsung menghilangkan semua makanan yang biasa Anda konsumsi selama ini. Asalkan konsisten, hasil akhir maksimal tentu akan Anda dapatkan.

Via : Glitzmedia.co

Related Posts

loading...
Dietmu Gagal Lagi? Coba deh Lakukan Diet Paleo Yang Terinspirasi Gaya Hidup Manusia Purba
4/ 5
Oleh